You are here

Visi Misi

VISI


Terwujudnya Program studi sebagai pusat unggulan yang  menghasilkan pengembang pengetahuan, teknologi dan seni bidang Pendidikan kesejahteraan Keluarga  yang bernurani, mandiri, cendekia melalui budaya sinergi.


MISI


  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas untuk menghasilkan magister bidang Pendidikan Kesejahteraan Keluarga dan Kejuruan yang memiliki kualifikasi kompetensi pedagogik, kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian, kompetensi profesional yang handal ditingkat global;
  2. Berperan aktif untuk melakukan penelitian dan pengkajian bidang Pendidikan Kesejahteraan Keluarga berbasis vokasional untuk kepentingan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta kebutuhan bidang pendidikan Kesejahteraan Keluarga dan masyarakat;
  3. Mendidik calon magister yang mampu menghasilkan karya teknologi dan seni melalui riset yang berbasis pada bidang Pendidikan Kesejahteraan Keluarga;
  4. Mengembangkan kemampuan komunikasi melalui penyebarluasan dan penerapan hasil penelitian untuk kepentingan pengakuan secara nasional dan internasional;
  5. Melakukan jalinan kerjasama sinergi dan saling menguntungkan dengan dunia industri, lembaga pendidikan dan pelatihan, dan lembaga pemerintah baik tingkat internasional, nasional, dan daerah;
  6. Berperan aktif untuk penerapan IPTEKS bidang PKK  di masyarakat.

TUJUAN PROGRAM STUDI PKK


Tujuan Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga adalah untuk menghasilkan lulusan magister (M.Pd.) yang berkemampuan sebagai berikut:

  1. Menghasilkan magister PKK yang memiliki kompetensi pedagogik, sosial, kepribadian dan profesional;
  2. Mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan seni Pendidikan Kesejahteraan Keluarga yang berbasis pada pendidikan vokasional;
  3. Mengembangkan pola pengelolaan program Pendidikan dan Pembelajaran vokasional PKK yang efektif, efisien dan produktif;
  4. Mengembangkan kemampuan analisis kebijakan pengelolaan pendidikan, kurikulim, evaluasi-penilaian, dan teknologi pendidikan yang berkaitan dengan pembelajaran vokasional PKK;
  5. Melakukan penelitian di bidang Pendidikan Kesejahteraan Keluarga dan penyebarluasan hasilnya pada masyarakat yang membutuhkan;
  6. Melakukan evaluasi-penilaian pembelajaran vokasional bidang Pendidikan Kesejahteraan Keluarga;
  7. Memecahkan permasalahan kelembagaan vokasional dibidang Pendidikan Kesejahteraan Keluarga;
  8. Melakukan jalinan kerjasama dalam bidang Pendidikan Kesejahteraan Keluarga dan vokasional.

 


PROFIL KOMPETENSI LULUSAN


  1. Menghasilkan magister PKK profesional  yang berprofesi  sebagai  dosen, pengajar,  instruktur, pengembang, pengelolola Pendidikan Kesejahteraan  Keluarga, yang  memiliki kepribadian utama yang : (a) takwa pada Tuhan YME, (b) memiliki kepribadian terbuka, kritis, tanggap terhadap perubahan tatanan sosial dan budaya, memiliki kearifan lokal untuk meraih keunggulan, serta mampu merespon perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang PKK, (c) memiliki integritas tinggi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam bidang PKK,  (d) memiliki kemampuan melakukan penelitian dan pengembangan serta memecahkan permasalahan bidang PKK secara profesional, (e) menjadi sumber pembaharuan pendidikan dan pengajaran juga mampu mengambil bagian bagi pengembangan sumberdaya manusia serta pembangunan; 
  2. Menghasilkan karya inovatif untuk kepentingan pembelajaran bidang PKK.

 


LEARNING OUTCOME LULUSAN PRODI PKK PPS UNY


Berdasar Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi maka  kompetensi  lulusan program Studi magister PKK disusun dengan tetap memperhatikan capaian pembelajaran setara dengan level 8 KKNI, adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki perilaku  bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, memiliki kepribadian terbuka , kritis, tanggap terhadap perubahan tatanan dunia sosial dan budaya, demokratis, kompetitif, responsive terhadap perkembangan ilmu pengatahuan, seni bidang PKK, memiliki integritas tinggi untuk mengembangkan bidang keahliannya, serta mampu mengembangkan wawasan kebangsaan, mandiri, cendekia.     
  2. Menguasai  konsep, teori, dan metode di  bidang pendidikan  kesejahteraan keluarga, secara sistematis yang diperoleh melalui proses pembelajaran, pengalaman kerja, penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat untuk memecahkan permasalahan yang terjadi di dalam masyarakat dengan pendekatan inter atau multidisipliner.
  3. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.
  4. Melakukan unjuk kerja terkait  bidang  pendidikan Kesejahteraan Keluarga dengan menggunakan konsep, teori, metode yang diperoleh melalui pembelajaran, pengalaman kerja, penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat.
  5. Memiliki kemampuan untuk melaksanakan tugas sebagai pengajar, dosen, instruktur, pengajar,  , pengembang, pengelolola Pendidikan Kesejahteraan  Keluarga
  6. Mampu mengelola hasil penelitian dan pengembangannya  yang bermanfaat  bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan di tingkat nasional dan internasional.

       

Selain itu learning Learning Outcome Lulusan  Prodi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga PPs UNY, Dilihat dari Setiap Aspek Capaian Pembelajaran.  Terlihat sebagai berikut:

ASPEK

 

Learning Outcome (Capaian Pembelajaran)

 

SIKAP

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjuk-kan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menginternalisasi nilai, norma,  etika akademik,   dalam perilaku sehari-hari.
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

PENGETAHUAN

  1. Menguasai konsep, teori, pembelajaran dan metodologi penelitian  bidang pendidikan dan pelatihan vokasional PKK melalui proses pembelajaran  penelitian,  dan pengabdian kepada masyarakat.
  2. Mengaplikasikan konsep, teori dan pembelajaran pendidikan dan pelatihan vokasional PKK dengan tetap memperhatikan nilai  karakter unggul dan nilai-nilai budaya luhur.
  3. Menerapkan konsep dan teori pendidikan dan pelatihan vokasional PPK sebagai alat untuk memecahkan  berbagai permasalahan  yang terkait dengan pendidikan kesejahteraraan keluarga berbasis vokasional   yang terjadi di masyarakat.
  4. Mengambil keputusan yang tepat berdasarkan hasil analisis data dan informasi yang berkaitan dengan permasalahan pendidikan dan pelatihan vokasional PKK dalam kontek kerja  dan  kontek lingkungan kerja secara luas

Keterampilan Umum

  1. mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan  dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahlian pendidikan dan pelatihan vokasional PKK dengan kajian boga/busana/rias/kewirausahaan, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam bentuk tesis, dan memublikasikan tulisan dalam bentuk journal ilmiah terakredtasi tingkat nasional dan mendapat pengakuan internasional berbentuk presentasi ilmiah atau setara
  2. mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahlian pendidikan dan pelatihan vokasional PKK dengan kajian boga/busana/rias/kewirausahaan, dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya
  3. mampu menyusun ide, hasil pemikiran, argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas
  4. mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitian  pendidikan dan pelatihan vokasional PKK  dengan kajian boga/busana/rias/kewirausahaan, dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multi displin
  5. mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang pendidikan dan pelatihan vokasional PKK dengan kajian boga/busana/rias/kewirausahaan, yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data
  6. mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri
  7. mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

KETERAMPILAN KHUSUS

  1. Mengembangkan pendidikan dan pembelajaran bidang pendidikan dan pelatihan vokasional PKK berbasis vokasional dalam Boga/ Busana/ Rias/ atau Kewirausahaan PKK sesuai dengan kontek kerja dan perkembangan kebutuhan kerja yang relatif terus berkembang.
  2. Mengembangkan pengetahuan, teknologi desain, ataupun karya seni dalam pendidikan dan pelatihan vokasional dengan Boga/ Busana/Rias atau Kewirausahaan PKK  secara melalui pemikiran secara logis, kritis, sistematis, inovatif dan kreatif
  3. Mempresentasikan hasil pengembangan teknologi, desain atau karya seni dalam pendidikan dan pelatihan vokasional PKK dengan fokus bidang Boga/ Busana/Rias atau Kewirausahaan PKK  secara inter atau multidisipliner dalam kegiatan seminar, ataupun melalui journal terindek  secara logis, kritis, sistematis, inovatif dan kreatif
  4. Melaksanakan kajian secara ilmiah dan bertanggung jawab dalam wujud penelitian tesis dengan kajian pendidikan dan pelatihan vokasional PKK dengan fokus Boga/Busana/Rias atau Kewirausahaan PKK  secara inter atau multidisipliner
  5. Memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang relevan dalam  lingkup pendidikan dan pelatihan vokasional PKK dengan fokus  Boga, Busana, Rias atau Kewirausahaan PKK  untuk merancang dan melakukan pembelajaran secara  kreatif dan inovatif.
  6. Menguasai teori pembelajaran dan evaluasi dalam bidang pendidikan dan pelatihan vokasional  PKK untuk merancang, mengembangkan dan   melakukan evaluasi pendidikan, pelatihan dan pembelajaran vokasional PKK
  7. Mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset dalam bidang pendidikan dan pelatihan vokasional PKK yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat, serta mampu mendapat pengakuan di tingkat nasional atau internasional.
  8. Mampu mengambil keputusan yang humanis dalam konteks masalah pengembangan pendidikan dan pelatihan vokasional PKK berdasarkan kajian analisis atau ekperimental terhadap informasi dan data tentang pendidkan dan pelatihan vokasional PKK.
  9. Melakukan diseminasi hasil penelitian bidang pendidikan dan pelatihan vokasional PKK di tingkat nasional atau internasional.

 

 

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id
Contact Persons :

Sujarwo (081578886039)